Pesona TURKI. Wisata Halal, Wisata Muslim

Turki dan Pesonanya yang Membuat Jatuh Cinta





Assalamualaikum,


Hallo Travel Lover.....

Di televisi beberapa bulan ini lagi ramai nih menayangkan film-film drama dari Turki dan gara-gara sering nonton, jadi ingin ngga sih ke negara Turki?
Turki adalah salah satu Negara yang pengunjung wisata nya terbanyak. Karena selain pesona budaya nya juga keindahan alam serta karena sejarah islam nya yang mendunia.  Maka tidak heran Turki juga merupakan salah satu Negara tujuan wisata religi yang penting di Dunia.

Berikut ini kami akan sharing sedikit mengenai Turki dan peradabannya. Kenapa Turki dan Ada Apa dengan Turki? 😍

Turki letak wilayahnya berada di kontinen yaitu Asia dan Eropa. Lebih dari 99% penduduk Turki beragama Islam. Kebanyakan muslim di Turki adalah penganut Sunni dengan 70-80%, sisanya adalah Alevis dan Syiah dengan 20-30%. Ada juga pengikut Dua Belas Imam dengan jumlah 3%.


Sejarah apa saja yang ada di Turki?
  • Tahun 666 SM (Sebelum Masehi) Raja Yunani mendirikan Kota Yunani Kuno atau disebut juga Bizantium.
  • Tahun 179 SM (sebelum Masehi), Bizantium menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi
  • Tahun 330. Pertama kali dibangun Ibukota Constantinople (Konstantinopel) oleh Kaisar Romawi Constantine.
  • Tahun 1453, Kekaisaran Ottoman dibawah kekuasaan Raja Osman I berhasil menaklukan Konstantinopel dan mengganti nama Ibukotanya menjadi Istanbul.
  • Tahun 1914, Kekaisaran Ottoman bersekitu dengan Jerman dan Austri-Hungaria saat Perang Dunia I
  • Tahun 1923, Republik Independen Turki berdiri dengan Ibukota baru di Ankara


Kita para Muslim perlu tahu mengapa Turki menjadi salah satu tujuan wisata kita. Sejarah Islam serta beberapa peninggalan Peradaban Islam ada di Turki, seperti:
  • Blue Mosque atau Masjid Biru. Dibangun pada abad ke-13 oleh Sultan Mohammad. Seluruh aksesoris di Blue Mosque dihiasi oleh kaligrafi sebagai ukiran, mulai dari lampu hingga keramik dinding biru nya.
  • Bangunan Hagia Sofia. Yang dibangun ketika masa periode Romawi. Dulunya adalah sebuah Gereja pada masa Constatinopel. Ketika masa jaya Constatinopel jatuh dan pindah ke kerajaan Islam, maka dirubahlah Hagia Sofia menjadi masjid oleh Sulthan Mehmed di tahun 1451-1481
  • Istana / Museum Topkapi. Istana Topkapi dibangun tahun 1470, pada masa Sultan Mehmed. Topkapi banyak menyimpan barang bersejarah dan ketika tahun 1924 Istana dirubah fungsi nya menjadi museum. Banyak barang sejarah Islam yang disimpan disini yaitu dari mulai Gigi Rasulullah SAW, baju hingga keramik peninggalan baginda Rosul kita.


Selain Tiga bangunan sejarah ini, Masih banyak lagi kota tujuan wisata di Negara Turki ini yang memiliki sejarah peradaban Islam nya serta pesona alam nya. Seperti Cappadocia, Pamanukkale, Edine, Izmir, Effesus dll.

Bagaimana dengan pengurusan Visa ke Turki? Kita tidak perlu repot mengurus Visa Schengen yang biasa digunakan untuk masuk ke wilayah Eropa, Karena Visa ke Turki menggunakan Visa on Arrival.

Harga Paket Wisata nya pun masih terjangkau lho, dan Souvenir juga makanan disana harganya selain terjangkau juga bersahabat pokoknya deh. Penggunaan mata uang sehari-hari di Turki menggunakan mata uang Turkis Lyra.

Bagaimana soal transportasi disana? Jangan khawatir, karena transportasi umum disana lengkap. Terutama di Istanbul. Semua Bus nya saling terkoneksi.

Yuukk segera masukkan Turki ke dalam agenda wisata mu tahun ini yaa 😉. Untuk informasi Wisata muslim ke Turki bisa langsung bertanya kepada kami di : 0811 1203 989 (WA Only), Insha Allah nanti akan dijelaskan oleh team BCL Tour & Travel


BCL Tour Travel 
~Jalan-Jalan Bahagia~




You May Also Like

0 komentar

Our Instagram Activity